-->

Renungan Ibadah Pemuda: 4 Hal yang sangat diperlukan oleh pemuda Kristen


hal-hal yang diperlukan oleh pemuda dan remaja kristen masa kini


Empat Hal yang sangat diperlukan oleh remaja Kristen Masa Kini

1.      IQ: Intelegency Quotient

    IQ: Intelegency Quotient (berhubungan dengan akal budi, daya pikir, analisa dan penguasaan matematika).
 (Amsal  23:12) Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan. (Amsal  12:1) Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu. (Amsal  15:32) Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi. (Amsal  23:12) Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan. (Amsal 20:15) Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan. (Karena kata-kata yang keluar dari mulut orang yang berpengetahuan itu bagai emas dan berlian). IQ kita bisa dapatkan di sekolah, kampus, membaca buku dan lain-lain yang berhubungan dengan aktivitas belajar. 

2.      EQ (Emotional Quotient).

Dalam alkitab, (I Korintus 13:2): Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
EQ Berhubungan dengan personal dan interpersonal. Personal sama dengan kecerdasan untuk menguasai diri. Interpersonal, berhubungan dengan kecerdasan untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk untuk memperngaruhi orang lain. Berinteraksi dengan orang lain, berarti berkaitan dengan bergaul, mengasihi, menghormati sesama.
EQ atau kecerdasan emosional ini, kita bisa peroleh dari kegiatan organisasi. Karena di sana kita bertemu dengan banyak orang dengan bermacam-macam sifat dan karakter.

3.      SQ (Spiritual Quotient)

Inilah pentingnya SQ:
1)  Amsal  1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
2)     Kolose  2:3 sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
3)   Amsal  2:6 Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.
4)    Yesaya  33:6 Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion. (pengetahuan dapat menyelamatkan kita)

4.      ESQ

II Petrus 1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. 1:4
1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, 1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. 1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. 1:9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan. 

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Jangan lewatkan Ini

Post a Comment

banner