-->

4 Alasan Agar Jangan Kuatir

RAHASIA UNTUK TERLEPAS DARI BELENGGU MASALAH

4 ALASAN TIDAK USAH KUATIR.

"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?"
(Matius 6:25)

Kuatir sebenarnya adalah masalah kontrol atau pengendalian. Kita selalu mencoba mengontrol hal-hal yg diluar kontrol, diluar kendali kita.

Kita tidak bisa mengontrol ekonomi, karena itu kita jadi kuatir tentang ekonomi.
Kita tidak bisa mengontrol anak-anak kita, karena itu kita jadi kuatir tentang anak-anak kita.
Kita tidak bisa mengontrol masa yg akan datang, jadi kita kuatir akan masa depan.
Tapi kuatir saja tidak pernah menyelesaikan apapun !. Ini merajalela... tapi tanpa tindakan apapun.
Dalam kotbah dibukit Yesus memberi empat alasan kenapa kita tidak perlu kuatir.

1. Kuatir itu tidak beralasan dan sia-sia

Matius 6:25 mengatakan, " Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?".
Dengan lain kata Yesus memberitahu, bila sesuatu bersifat sementara, tidak perlu dikuatirkan.
Kuatir akan sesuatu yg bisa kita ubah adalah kebodohan. Kuatir akan sesuatu yg tidak bisa kita ubah adalah ke sia-siaan.  Yg manapun tidak ada gunanya untuk kuatir.

2. Kuatir itu tidak alami

Yesus memberi ilustrasi dalam Matius 6:26, "Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?"
Dari semua ciptaan Tuhan, hanya manusia saja yangg selalu  dipenuhi kekuatiran, karena manusia kurang percaya padaNya.  Itulah sebabnya kekuatiran bukan sesuatu yg alami (natural).

3. Kekuatiran tidak menolong

Kekuatiran tidak merubah apapun.
Matius 6:27 mengatakan , "Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?"
Bila anda kuatir tentang sebuah masalah, kekuatiran tidak memberi solusi apapun.  Ini seperti duduk diatas "kursi goyang" , banyak aktivitas, banyak energi dan gerak, tapi tidak bergerak maju. Kekuatiran tidak mengubah apapun kecuali membuat anda lebih menderita !.

4. Kuatir tidak diperlukan

Matius 6:30 mengatakan,  "Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?" Jika anda percaya Tuhan  , anda tidak perlu kuatir. Mengapa? . Karena Tuhan  sudah berjanji untuk memelihara dan memenuhi yg anda butuhkan.  "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus".  ( Filipi 4:19).

Apakah ini termasuk tagihan-tagihan? Ya !.
Apakah ini termasuk keretakan  hubungan? Ya !.
Apakah termasuk ambisi dan impian anda? Ya !.
Apakah meliputi  situasi-kesehatan yg tidak tahu jalan keluarnya ? Ya !.

Tuhan akan memenuhi segala keperluanmu didalam Kristus. Jangan kuatir !

Dari DAILY HOPE
By RICK WARREN.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Jangan lewatkan Ini

Post a Comment

banner